Binusian FEP Alexander Edwin

General Orientation

               Saya Alexander Edwin. Mahasiswa jurusan Game and Application Technology di Universitas Bina Nusantara. Saya masuk ke bangunan Binus untuk mengikuti bagian General Orientation dari Freshmen Enrichment Program pada tanggal 1 Agustus 2016. Saya bertemu dengan banyak mahasiswa dan mahasiswi lain. Pada saat itu, saya berkenalan dengan Kris, seorang mahasiswa jurusan Cyber Security, yang juga merupakan jurusan baru yang ada di Universitas Bina Nusantara. Kita duduk bersebelahan dan berbagi cerita masing-masing.

               Tidak lama kemudian, kelas dimulai dan kita diperkenalkan ke Buddy Coordinator kami, kakak Theo, kakak Sandy, kakak Dewi, kakak Andre, dan Buddy Coordinator lainnya. Buddy Coordinator bertugas untuk membimbing buddy, kita, melalui tahap General Orientation sehingga kita dapat mengerti peraturan-peraturan yang berlaku di Universitas Bina Nusantara. Mereka juga berbagi berbagai pengalamannya di jurusan masing-masing. Kita diberitahu seberapa pentingnya kartu flazz yang dibagikan ke kita.

               Kita juga sempat berkumpul di auditorium untuk menyaksikan demonstrasi-demonstrasi dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang sangat beragam dan menarik. Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada termasuk Unit Kegiatan Mahasiswa untuk berbagai olah raga, bahasa, pelajaran dan hobi. Unit Kegiata Mahasiswa yang ada termasuk untuk Badminton, Tennis, Futsal, Berenang, Karate, Jujitsu, Merpati Putih, Jepang, Mandarin, Korea, Radio, Drama, dan banyak lainnya. Kita dibagikan brosur yang berisi detil lebih lanjut mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut secara lebih lanjut dan bagaimana cara mendaftarnya.

               Pada hari terakhir General Orientation untuk Freshmen Enrichment Program, kami diajak berkililing kampus Syahdan, terutama untuk memilih Unit Kegiatan Mahasiswa dalam kegiatan bunga rampai. Pertunjukkan yang diberikan oleh B-Voice dan ST MANIS sangat berkesan untuk saya, tetapi saya memutuskan untuk mengikuti UKM BNMC dan BSLC. Saya mengikuti BNMC yang merupakan UKM untuk bahasa Mandarin karena saya ingin dapat menjadi lebih mahir dalam menggunakan bahasa Mandarin. Saya mengikuti BSLC untuk dapat belajar bersama dan membantu saya memahami pelajaran di kelas saya.

Academic Orientation

               Minggu kedua FEP saya terdiri atas Academic Orientation yang mengajak saya dan teman-teman saya mempelajari situasi kelas, tujuan pembelajaran, kompetensi kelas, dan memperkenalkan dosen kepada kita. Pada hari pertama, kami mempelajari perkenalan pada mata pelajaran Game Application and Technology. Kami mempelajari adanya program 3 + 1, dan bagaimana kita harus membuat sebuah permainan untuk dijadikan gagasan tertulis, dan sebuah permainan kartu/papan untuk latihan dasar. Kita juga dierkenalkan rencana dari dosen kami agar kita dapat menyelesaikan permainan-permainan yang secara tuntas sehingga memiliki hasil lebih dari satu saja pada akhir dari perkuliahan kita.

               Kita mulai diberikan pelajaran mendasar untuk programming dasar dalam bahasa C++, serta diberikan latihan agar kita seakin mahir dalam bahasa tersebut. Selain itu, kami dibimbing untuk belajar sengan cara yang lebih efektif, seperti membaca materi sebelum pelajaran berlangsung, melakukan kilasan ulang setelah pelajaran agar tidak terlupakan, cara membaca agar cepat dan lengkap, dan sejenisnya. Kita diajarkan cara menggunakan mind-mapping untuk memetakan gagasan kita, serta menggunakan pseudo-code dan gunanya dalam mengkomunikasikan maksud kode kita ke programmer lain atau sebagai dokumentasi. Kita diajarkan dasar operasi yang dipakai oleh computer, serta istilah-istilah yang dipakai untuk masing-masing bagian. Saya juga diperkenalkan ke dosen pembimbing saya, pak Dodick.

               Saya menghadiri sebuah seminar yang diadakan oleh salah satu pendiri Touchten, developer Indonesia yang sukses di pasar lokal aplikasi mobile Indonesia, Rokimas Soeharyo. Dia memberikan kita pengalamannya ketika membangun sebuah perusahaan Video Game, serta memberkan kita ilmu untuk membangun sebuah perusahaan Video Game. Dia menceritakan kepada kita pentingnya marketing, manajemen, dan pre-production dalam sebuah perusahaan Video Game.

HTTP (Himti Togetherness and Top Performance)

               Sayangnya, saya tidak mengikuti HTTP, karena saya tidak tertarik, terutama setelah melihat video yang ditampilkan di dalam kelas. HTTP sebagai welcome party yang diadakan pihak Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika tersebut berisi hasil-hasil karya mahasiswa, pembicara, dan seminari. Saya mendengar dari teman-teman saya yang mengikuti bahwa acara tersebut lebih banyak terdiri atas presentasi dan penjelasan organisasi HIMTI yang disajikan dengan sangat formal.

Organizational Skill

               Sebelum belajar di Universitas Bina Nusantara, saya sudah pernah beberapa kali mendapatkan pengalaman berorganisasi. Saya dahulu merupakan anggota dan ketua dari Organisasi Siswa Intra-sekolah, dan telah beberapa kali membuat acara, walaupun hasil yang didapat kurang memuaskan. Saya juga dahulu merupakan seorang moderator dari klub online menulis fiksi ingris, yang bertahan hanya selama 2 tahun. Kelompok-kelompok lain yang pernah saya ikuti hanya sekedar untuk tugas sekolah, atau pertemuan lingkungan.

               Di Universitas Bina Nusantara, saya mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa masing-masing yang memiliki organisasi pengurus masing-masing. Salah satu organisasi yang paling menonjol di jurusan saya adalah HIMTI, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika,  selaku organisasi gabungan mahasiswa teknik informatika. Seluruh mahasiswa yang merupakan anggota dari jurusan yang berhubungan dengan teknik informatika secara langsung telah bergabung dengan organisasi tersebut. HIMTI bertugas untuk menggalang acara yang berhubungan dengan acara dengan unsur penguasaan operasi computer, seminar industry informatika, aplikasi, bahkan permainan.

               Saya berharap bahwa dari organisasi yang menaungi saya ini, saya dapat belajar bagaimana cara mengatur waktu yang lebih baik, memprioritaskan tugas dengan efektif, dan bekerja sama dengan efisien. HIMTI adalah sebuah organisasi yang terdiri dari jurusan-jurusan informatika, bukan hanya jurusan Game and Application Technology yang merupakan jurusan saya. Maka dari itu, saya juga berharap dapat bertemu dengan talenta-talenta dari jurusan lain agar dapat bekerja sama dan belajar bersama. Dalam 4 tahun ke depan, saya harap HIMTI juga akan semakin berkembang sehingga dapat menjadi organisasi yang lebih besar dan aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *